Cetusan | November 21, 2009

Seberapa Lama Dendam dan Permusuhan Memiliki Usia?

Detail view of a clock displaying lunch hour

Aku punya dua orang teman yang saling bersahabat.
Yang seorang berperawakan tinggi besar, ia berasal dari Jerman. Seorang lagi kurus dan jauh lebih pendek, berkulit merah serta berambut hitam. Sekitar lima bulan setelah aku mengenalnya, barulah kutahu bahwa ia berasal dari Israel.

Kebetulan keduanya mengerjakan bagian yang nyaris sama dalam pekerjaan dan kantor yang sama pula. Hampir setiap weekend, keduanya beserta keluarga masing-masing berkumpul menikmati akhir pekan bersama entah itu sekadar saling mendatangi rumah, piknik dan makan bersama bahkan sampai bermain water-ski di sebuah teluk di utara Sydney tak jauh dari tempat tinggal mereka.

Menyimak serunya persahabatan antar mereka, aku jadi sering terkagum-kagum betapa persahabatan mereka seperti tak menyisakan dendam tua antar kedua bangsa. Padahal seperti kita ketahui bersama, Jerman dan Israel adalah dua bangsa yang pernah saling bertarung, pihak penindas dan yang ditindas, dan kisah kelamnya menjadi titik hitam dalam khasanah sejarah kemanusiaan manusia. Mungkin saja, ini kemungkinan, kedua orang tua / kakek-nekek mereka pun dulu (yang kubayangkan lahir dan besar pada masa Perang Dunia I) terlibat dalam rasa saling benci serta dendam yang luar biasa besarnya dulu. Atau mungkin pula salah satu saudara si Israel dulu pernah menjadi korban keganasan kamp konsentrasinya Hitler, si pemuka dari Jerman itu.

Kisah tentang persahabatan dua teman baruku di atas pada akhirnya mencelikkan mata hatiku untuk tak hanya puas mengagumi tapi sekaligus menggantungkan berbagai macam tanya terkait tentang dendam, permusuhan serta persahabatan itu sendiri.

Kapan dan seperti apa sebenarnya mata rantai dendam itu akhirnya putus, menghablur dan hilang begitu saja?

Butuh pengorbanan seperti apa dan penyangkalan diri sehebat apa dari masing-masing pihak yang berseteru dan mendendam sehingga dendam bisa disapu bersih dari pelataran hati masing-masing?

Bilakah seorang yang telah menyakiti meminta maaf dan bersahabat dengan orang yang disakiti?
Bilakah seorang yang disakiti memaafkan orang yang menyakiti lalu menerimanya sebagai seorang sahabat?

Bilakah George W. Bush berdamai dengan Osama Bin Laden?
Bilakah George Bush Sr berpelukan damai dengan Saddam Hussein?
Bilakah ratusan ribu (hingga jutaan?) manusia Indonesia yang dulu dicap sebagai “PKI” memaafkan Soeharto dan Orde Barunya?
….
….
….

Bilakah Setan mengaku salah dan kalah lalu menggapai Tuhan untuk bersahabat kembali?
Bilakah Tuhan memaafkan Setan lantas menerima pertemanan itu kembali?

Bilakah? Bilakah? Bilakah?

Selamat berakhir pekan…

{ 57 comments… read them below or add one }

Ayu November 21, 2009 at 6:28 am

Menurutku bila dua temenmu bermusuhan hanya karena latar belakang mereka, itu yg malah aneh. Karena antar mereka berdua kan tidak ada masalah. Bahwa kebetulan yang satu orang Jerman dan yang satunya orang Yahudi (ini israel Yahudi kan maksudnya?) hanyalah latar belakang saja, sebaiknya tidak menjadi patokan untuk senang atau tidak senang kepada seseorang. Bangsa Indonesia sendiri aku lihat sudah memaafkan Belanda dan Jepang yang lama menjajah, mencuri dan membantai bangsa kita. Malah sebagian besar mengagungkan hal2 berbau Belanda dan Jepang. Berarti kita bangsa yang mudah memaafkan kan? Sejak tahun 1949 sampai sekarang kan belum lama? ;)

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 8:59 am

Hehehehe betul…
tapi lupa dengan memaafkan itu kadang berbeda…
Entah dengan bangsa kita, semoga memang memaafkan dan bukannya lupa :)

Reply

krismariana November 21, 2009 at 9:42 am

jawabannya ada dalam hati kedua belah pihak. kemarin aku menemukan sebuah kutipan yg menurutku menarik:
If we could read the secret history of our enemies we should find in each man’s life sorrow and suffering enough to disarm all hostility. ~ Longfellow
kurasa kutipan itu jika diterapkan bisa jadi sarana untuk melumerkan dendam dan kebencian. kuwi menurutku lo, don. mbok menawa ae ono klerune… hehe

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 8:58 am

Wah betul, Kris.. Tepat sasaran quotemu! Suwun!

Reply

Bro Neo November 21, 2009 at 12:29 pm

seberapa lama?
barangkali sampai kita mau berkata ” maaf saya salah” atau sampai kita sanggup berkata “saya memaafkan”

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 8:57 am

Hehehehe… betul! Tapi biasanya tak berhenti di situ, kadang kalau terkuak, ibarat luka, sakit jadinya :)

Reply

morishige November 21, 2009 at 1:22 pm

mungkin ini pertanda bahwa zaman sudah berubah, mas. perlahan namun pasti setiap orang mulai melupakan dendam masalalu yang melibatkan bangsanya.

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 8:54 am

Betul! Semoga memang demikian…

Reply

edratna November 21, 2009 at 2:28 pm

Sebetulnya saya terkadang malah heran jika ada orang yang sampai punya dendam kesumat. Mungkin orang tsb pernah menerima perlakuan yang menyakitkan dari yang lainnya. Tapi jika kita berpikir, bahwa manusia adalah makhluk yang lemah, sekaligus makhluk yang kuat, serta punya posisi di atas setan (dari agamaku), maka sebetulnya tinggal manusia itu sendiri yang harus mau merenung, karena pada dasarnya kalau kita dendam atau sakit hati pada seseorang kita akan selalu teringat pada orang tsb…dan ini membuat energi yang negatif, merusak dan membuat kita tak bisa memikirkan yang lain. Dan jika menjadi pendemdam, maka sebetulnya setan2 yang mempengaruhi manusia untuk berbuat negatif yang akan menang.

Meminta maaf memang sulit, lebih sulit lagi memberi maaf secara tulus.

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 8:53 am

Betul, Bu! Makasih pencerahannya. Komentarmu sungguh melengkapi tulisan ini

Reply

boyin November 21, 2009 at 3:22 pm

wah kalo dendam antar negara gak bisa di generalisasi sampe ke individual warganya..saya disini semua temen2 deket orang malaysia..kalo makan gak pernah ada tuh yang membawa topik ttg ambalat, tari pendet ,dll sa,pe kalo ngomongin cewekpun gak pernah membahas ttg cewek masing2 negara, lebih enak kalo membahas cewek dari cina, vietnam atau kamboja..heee

Reply

Donny Verdian November 22, 2009 at 7:31 pm

Jiakakakakakka… cewek dari cina sebutannya Panda..:))

Reply

oglek November 21, 2009 at 11:41 pm

selamat berakhir pekan, no comment for this post :D

Reply

Donny Verdian November 22, 2009 at 7:28 pm

Hehehe thanks

Reply

wira November 22, 2009 at 10:06 am

hmmmm… jadi menghayak kesana kemari… kata orang, tidak ada yang tidak mungkin..

Reply

Donny Verdian November 22, 2009 at 7:28 pm

Hehehe betul

Reply

fekhi November 22, 2009 at 10:22 am

Bagus, Don :)
Aku juga suka bingung kenapa orang suka menyimpan dendam. Apa aku memang aslinya, better make love than make war oooppsss :p

Power of forgiveness itu sebenarnya pasti ada di dalam setiap orang, tinggal mau atau tidak. Sekali ia berkenan memaafkan, justru ia akan diberi kekuatan untuk membuang benci.

Tapi di dunia ini sudah banyak edukasi dan berita yang secara tidak sadar dari tontonan atau media yang secara tidak sadar mengajak kita untuk memendam dendam. Sayang sekali, dendam tetap jadi konsumsi terbesar dalam media massa.

Reply

Donny Verdian November 22, 2009 at 7:27 pm

Hehehehehe, thanks pujianmu…
Fem, aku tertarik untuk membahas soal ‘manajemen konflik’. Ketika aku masih jadi atasan dulu, konflik adalah sesuatu yang seharusnya memang dihindari, tapi ketika tidak ada konflik sama sekali, adrenalin manusia untuk damai terlampau luar biasa sehingga terkadang malah menimbulkan ketidakdinamisan hidup.
Hidup jadi seperti lurus2 saja tanpa ada gairah tertentu…
Jadi nggak heran kalau dendam dan konflik pada akhirnya dipakai menjadi strategi untuk memasarkan sesuatu… memang semuanya harus terlalui seperti ini, tampaknya :)

Reply

fekhi November 22, 2009 at 8:13 pm

Betul, masalah adalah sumber dari segalanya. Termasuk sumber pendapatan :D

Selama kita bisa filter dan menjadikan adrenalin itu menjadi sesuatu yang positif buat kita sih ya sebenernya gpp sih ya :D

Yang penting kan kita bawa happy ajalah… Kesel bentar untuk tersenyum lebih lama ya worthed lah hehehe…

Reply

mbah_maliq November 24, 2009 at 1:50 pm

Kalo mbak fekhi pernah disakiti pasti gak bingung deh kenapa orang bisa menyimpan dendam, kenapa orang susah memaafkan..

Sama hal nya kalo kita pernah menyakiti, betapa susah nya kita meminta maaf..

Dan kalo menurut saya orang yang tersakiti/disakiti selalu saja menjadi pihak yang kalah, di bawah, serba salah, apapun istilah nya. yang jelas kualitas manusia orng yg disakiti/tersakiti tadi benar2 diuji

Reply

chitraverdiana November 22, 2009 at 12:58 pm

kadang orang lebih memilih ambil sikap ” melupakan, tidak memaafkan ” karena untuk memaafkan kesalahan seoranmg sahabat tu berattt bangettt…. susah, benar-benar butuh kedewasaan dan ketulusan.. :’(

Reply

Donny Verdian November 22, 2009 at 7:25 pm

Hehehehe, tapi jangan sampai bersembunyi di balik ‘malas’ untuk memaafkan lho :) Dah ke gereja?

Reply

narpen November 22, 2009 at 3:05 pm

bukan dendam sih.. tapi klo aku pribadi klo emang ga cocok, lebih suka ga berurusan.. (kasarnya, mending “out of my life” deh :D ) menurut aku, buat apa dipaksain klo nantinya malah makan hati? yg sama2 nyaman aja..
klo perkara suatu saat nanti ketemu lagi ternyata udah cocok, ya mungkin ga masalah..

klo di kasus bang don sih, rasa2nya mereka tidak punya alasan pribadi untuk saling memusuhi.. apalagi kayanya “klik” begitu,,
eh aku juga pernah ditanyain orang jepang ding.. “gimana perasaan kalian (bangsa Indonesia) terhadap bangsa kami?”

malah aku jadi kedip2 :D wah mereka masih kepikiran ya? perasaan klo di Indo sendiri dendam penjajahan begitu malah jarang disebut..

Reply

Donny Verdian November 22, 2009 at 7:24 pm

Heheheheheh benar sekali..
Tapi Pen, kita memang belum pernah saling ketemu, kenal juga barusan tapi itupun virtual, tapi entah kenapa, dalam 2-3 komentarmu yang terakhir, seperti ada ‘apa-apa’ antara hubunganmu dengan ‘seseorang’? Hehehehe….

Terus hadapi!

Reply

narpen November 24, 2009 at 11:21 am

gyaaa.. kesimpulannya kok begitu :D
aku sampe ubek2 lagi 2-3 komenku terakhir..
ahahaha..
(tapi dasar mental artis, tetep ga klarifikasi..)

Reply

edratna November 24, 2009 at 1:13 pm

Hehehe…..ahh Donny….tahu aja dikau

Reply

Donny Verdian November 24, 2009 at 2:24 pm

Wahahaha dikroyok narpen dan ibu hahaha

Reply

Tuti Nonka November 27, 2009 at 2:33 pm

Hehehe …. aku juga mendeteksi begitu ….
Narpen, semoga baik-baik saja ya. Semoga happy ending … :)

Reply

tukangpoto November 22, 2009 at 7:34 pm

Gimana ya , sebenarnya semua bisa dimulai dari diri sendiri; memusuhi-dimusuhi, memaafkan-dimaafkan. Kita rasakan dulu apa akibatnya jika terjadi pada diri kita, enak apa nggak dan jangan kita tularkan apapun itu jika pada diri sendiri saja efeknya sudah tidak enak.

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 8:51 am

eheheh.. betul!

Reply

haris November 23, 2009 at 12:40 am

bagi mereka yg gak mengalami perseteruan jerman-israel secara langsung, saya kira tak ada masalah. apalagi mereka orang2 yang kosmpolit, bergaul dg orang dari pelbagai negara. permusuhan antar-bangsa kayak gt akan jadi kadaluwarsa.

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 8:51 am

Nah, itu dia.. persoalannya adalah pada titik apa, kadaluwarsa itu tiba… Bilakah?

Reply

dobleh yang malang November 23, 2009 at 2:20 am

bilakah blue bisa menulis sehebat postingan abangku ini
salam hagat selalu
pa cabar

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 8:51 am

Ah, masih hebat kamu, Blue :)

Reply

zee November 23, 2009 at 11:55 am

Kalau menurut aku, semua tergantung dari hati. Aku setuju dengan komen Chitra, bahwa memaafkan seorang sahabat yang sudah menyakiti hati kita itu berat sekali (aku mengalaminya sendiri, dan setelah sekian belas tahun aku menghindar aku akhirnya memutuskan untuk membuka pintu maaf baginya, walau seperti yang kau tahu sendiri, hati yang luka itu tidak bisa kembali spt semula Don).

Bertambahnya usia akan membuat seseorang menjadi lebih matang, lebih sabar dan lebih ikhlas. Asal mau berdamai dengan hati dan ego, bisa kok ikhlas memaafkan. Rasa dendam itu buat hati dan diri semakin hancur, lebih baik dihilangkan saja toh. Pelan-pelan juga tidak apa-apa, asal ada kemauan untuk mau memaafkan. :)

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 1:30 pm

Berarti intinya pada niatan dan biarkan waktu yang menepatinya yah hehehe… Good idea!

Reply

Riris November 23, 2009 at 1:04 pm

memaafkan sebaiknya satu paket dengan melupakan, sehingga hubungan yang sempat buruk karena masa lalu yang pahit bisa terangkai kembali dengan manis. Soal lamanya, menurutku tergantung kesediaan masing-masing dalam menyikapi, mau tetap tinggal dalam lingkaran dendam, ataukah menutup kasus lalu kembali bergandengan tangan layaknya sahabat.

hm..lagi ngebayangin juga, apa jadinya ya, Don .. Jika setan bener-bener mau mengakuki kecongkakannya dan meminta maaf sama Tuhan.. lalu kembali menjadi sahabat-NYA? Rasanya ga akan ada huru-hara di mana-mana.. :D

Dua jempol untuk tulisannya :D

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 1:30 pm

Heheheheh aku sih ngga bisa membayangkan kalau setan benar2 mau mengakui kecongkakannya… berarti dunia.. KIAMAT hahaha :)

Reply

anderson November 23, 2009 at 3:28 pm

Bisa jadi dalam kasus temanmu itu, karena si Israel bukan yang mengalami langsung siksaan selama PD I & II dan si Jerman sendiri bukan pelaku langsung, jadi berajat dendam kesumatnya nggak begitu tinggi… Akan berbeda rasanya (dan butuh kelapangan hati yang luar biasa) apabila kedua orang itu adalah sesama pelaku sejarah, yang satu pelaku, yang satunya korban. Makanya, mengutip komen Citra, adikmu, akan sangat sulit memaafkan kesalahan sahabatnya yang langsung tertuju padanya…

Begitulah… Nice insight, Bro..

Reply

Donny Verdian November 23, 2009 at 4:10 pm

Lha ternyata udah pada tau kalau Citra itu adikku hehehehe..
Maka dari itu Sob, pertanyaanku kan sampai kapan sih batas dendam itu mulai menguap :)

Reply

anderson November 24, 2009 at 3:19 pm

Oalaah…lupa ya pernah ada posting khusus soal Citra dan Tamagotchi-nya? :-P

Reply

uny November 23, 2009 at 4:29 pm

apakah aq dendam dg mereka y?
aq trkdang ingin membalas kjahatan yg tlah mreka lakukan padaq.
namun stiap kali aq ingin membalas.
selalu dan selalu gagal.
mungkin aq memang tdk diijinkan untk memiliki rasa dndam..

Reply

Donny Verdian November 24, 2009 at 9:21 am

Yak, tul!

Reply

ufianda November 23, 2009 at 4:31 pm

hilangkan rasa dndam.
qta teman tetap tman.
ukeh..
sbar.sbar.sbar

Reply

Donny Verdian November 24, 2009 at 9:21 am

Hehe

Reply

jensen99 November 23, 2009 at 6:54 pm

Yang dimusuhi orang Israel bukanlah semua orang Jerman, melainkan hanya mereka yang tercatat sebagai penjahat perang Nazi saja. Sampai hari ini pemerintah Israel masih memburu tiap orang (yang masih hidup) yang terlibat dalam Holocaust namun belum tertangkap/diadili, meskipun yang diburu semua sudah renta dan mendekati ajal. (AFAIR Mossad menyerahkan daftar penjahat perang itu kepada tiap PM baru Israel tuk minta persetujuan pengejaran).
Disisi lain, walaupun pembicaraan antara pemimpin Jerman-Israel sudah berlangsung sejak 1950, baru tahun 1965 dibuka hubungan diplomatik resmi antara kedua negara karena masalah ini sangat sensitif bagi rakyat Israel. Sekarang Jerman adalah partner dagang terbesar kedua bagi Israel sesudah AS, dan tempat terbaik bagi komunitas Yahudi diluar wilayah Israel sendiri, tapi tidak gampang tuk sampai kesitu. Setidaknya butuh 15 tahun sebelum kedua negara “resmi” berbaikan.

Jadi, sebrapa lama dendam? Tergantung kapan Osama dan al-Qaeda musnah sepertinya. Mwahaha~~

Reply

Donny Verdian November 24, 2009 at 9:21 am

Hehehehe, paragraf terakhir no comment ah :)

Reply

Eka Situmorang-Sir November 24, 2009 at 1:21 am

Seberapa lama dendam itu bertahan?
Tergantung sogokan hehe

Reply

Donny Verdian November 24, 2009 at 9:20 am

Hayah! Nyogok apa? Apa yang disogok?

Reply

Tuti Nonka November 27, 2009 at 2:38 pm

Menurutku … sekali lagi, menurutku lho, menyimpan dendam pada orang lain itu hanya akan merugikan diri kita sendiri. Bayangkan, orang yang dendam itu pasti hatinya kemropok (halah, apa bahasa Indonesianya ‘kemropok’?), panas, empot-empotan. Lha rak malah rekoso dewe to?

Ada orang bilang, ‘enak aja memaafkan, dia sudah menyakiti aku je!’. Seolah-olah memaafkan orang itu rugi. Walah, padahal memaafkan orang itu bukan untuk keuntungan yang dimaafkan, tapi untuk keuntungan kita sendiri. Kalau kita bisa memaafkan, kan berarti hati kita lega, lalu kita jadi bahagia. Penak to?

Reply

Donny Verdian November 27, 2009 at 5:07 pm

Termasuk memaafkan si Ricky ya, Bu? Hahahaha :) ) Cen ibu pantes kujadikan tuladha :)

Reply

nanaharmanto November 27, 2009 at 4:07 pm

asem…aku tersentil je…
aku sendiri setelah 14 tahun baru bisa memaafkan (dgn tulus), aku juga sadar, ga baik terus mendendam, tapi kalau aku belum bisa tulus maafin dan basi-basi thok, buat apa? pada dasarnya aku gampang memaafkan. tapi siji iki jiaaan…kalau sempet boleh baca ini.
http://nanaharmanto.wordpress.com/2009/07/20/minyak-dan-air/

Reply

Donny Verdian November 27, 2009 at 5:06 pm

Halah, aku juga punya banyak musuh kok… Aku nggak dendam tapi gemas aja hahahaha (opobedanedotcom)

Reply

Ihwan November 28, 2009 at 12:52 am

Saya dulu juga pernah punya masalah dengan temen kerja sampe nggak bertegur sapa cukup lama. Kalo menurut temen2 yang lain sih, saya lah yang bersalah tapi saya merasa bener he3
Trus kami disatukan dalam satu bagian. Beneran deh, rasanya kesiksa banget, tiap hari saya harus makan hati karena mengalah terus sama dia,.
Tapi untungnya seiring berjalannya waktu, hati temen saya terbuka dan akhirnya mau menyambut uluran pertemanan saya kembali.

Reply

kips December 1, 2009 at 6:22 am

Untuk urusan yang satu ini saya tidak memiliki usia yg cukup lama untuknya “sang dendam” :-D

Reply

Ria December 2, 2009 at 7:15 pm

menurutku bisa aja berbaikan lagi tapi pastinya sudah tidak bisa seperti dulu mas…memaafkan itu kewajiban manusia kok wong Tuhan aja bis amaafin umatnya masak manusia tidak bisa :D

btw…seandaynya Bush bisa berdamai dengan osama? mmmm mungkin dunia ini lebih indah ya mas :D

Reply

Witho October 19, 2010 at 3:52 pm

Namanya dendam hanya akan membawa kesusahan yang tiada habisnya.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: